Intip Beberapa Strategi Pemasaran Digital Untuk Dongkrak Bisnis Anda

Author Image

by admin | 13 Sep 2019 | in Business

Card image cap

Memperkenalkan sebuah produk atau jasa kini semakin mudah dilakukan semenjak populernya media sosial. Semenjak kehadiran media sosial sebagai sarana pengembangan bisnis, para pelaku bisnis tidak lagi melirik iklan via radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut era digital dimana media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah bisnis.

 

Hadirnya media sosial yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah. Terlebih dengan berbagai sarana melalui internet tools yang telah tersedia seperti website, blog, media sosial yang bersifat global, real time dan praktis membuat kegiatan pengembangan usaha Anda akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.

 

Namun ada hal yang perlu dicatat sebagai pemilik bisnis sebelum menentukan pilihan untuk menerapkan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis di dalam dunia digital. Strategi pemasaran digital dapat didefinisikan sebagai serangkaian tindakan yang didesain untuk membantu bisnis mencapai tujuan menggunakan medium internet (online).

 

Jika dilihat secara kasat mata mungkin akan tampak mudah, bahkan sebagian berpikiran bahwa pemasaran digital sama dengan mempublikasikan konten melalui media sosial, lalu mempercepat dengan iklan. Namun kenyataannya tidak sesederhana itu, perlu berbagai perencanaan untuk menghasilkan kampanye pemasaran yang efektif.

 

Berikut adalah beberapa paparan yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan bisnis yang Anda miliki dan sekaligus dapat menjadi pemicu untuk mengembangkan bisnis di dunia online.

 

Memulai Dengan Penyusunan Strategi

 

Untuk memulai pemasaran digital, alangkah baiknya Anda siapkan strateginya lebih dulu. Pastikan strategi ini sesuai dengan KPI atau tujuan yang diinginkan. Pemasaran digital juga banyak dilirik karena hasilnya dapat diukur dengan mudah. Contohnya, Anda bisa melihat kenaikan jumlah kunjungan ke website setelah Anda melakukan optimasi untuk menambah pengunjung ke website selama waktu yang ditentukan.

 

Nah, untuk Anda yang baru ingin memulai pemasaran digital, paparan dibawah ini bisa sangat membantu:


Tentukan target yang ingin Anda capai, pastikan target ini sesuai dengan kemampuan Anda. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi performa pemasaran digital lho. Contohnya seperti budget, jangka waktu, dan konten yang Anda miliki.Buat timeline kegiatan yang akan Anda jalankan. Manfaatkan momen tertentu untuk melakukan promosi, misalnya saja ada potongan harga khusus di tanggal gajian. Nah, yang tak kalah penting. Pilih media online yang akan digunakan untuk promosi. Pastikan sesuai dengan target market Anda ya! 

 

Pahami target pasar yang dituju

 

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang target pasar, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa itu target pasar. Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya target pasar adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen. Target pasar biasanya mempunyai rentan umur, sifat dan karakter yang hampir sama.

 

Cara terbaik untuk memahami target pasar adalah dengan berbicara langsung dan menggali masukan dari konsumen. Jangan hanya fokus pada penjualan saja, Anda juga dapat berfokus untuk menjalin hubungan yang baik dengan target pasar. Melakukan percakapan dengan konsumen juga mampu memberi Anda ide baru untuk melakukan inovasi bisnis.

 

Berikan sentuhan personal kepada target pasar

 

Konsumen di Indonesia, berdasarkan beberapa penelitian mengatakan bahwa mereka lebih menyukai layanan personal dimana staf layanan pelanggan berdiskusi dengan konsumen melalui telepon, atau bahkan menghampiri lokasi konsumen untuk memberikan layanan secara langsung.

 

Tipe masyarakat yang menyukai layanan personal berpotensi membuat perusahaan makin kewalahan seiring perkembangan bisnis dan kenaikan jumlah pelanggan. Tapi dengan perkembangan teknologi zaman sekarang, perusahaan punya alternatif yang lebih efisien dibanding memperbanyak jumlah staf untuk menjangkau para konsumen tersebut.

 

Beberapa alternatif yang dapat diambil perusahaan antara lain dengan menerapkan sistem otomatis untuk sejumlah aktivitas pemasaran, seperti:


Personalisasi konten untuk para pelanggan. Media yang digunakan pun bisa dari kanal manapun. Saat ini, email jadi media yang digandrungi untuk melakukan remarketing. Pilih layanan pemasaran yang memiliki fitur Chatbot sebagai alternatif untuk memberikan layanan dengan teknologi yang cukup memberikan kesan personal bagi para pelanggan.

 
Pahami soal kompetisi bisnis

 

Persaingan bisnis tentunya bukan hal baru lagi, setiap segmen pasar akan selalu dihadapkan pada persaingan, baik yang berpeluang besar ataupun peluang rendah. Dari tahun ke tahun persaingan bisnis selalu mengalami peningkatan, ditambah lagi dengan terbukanya pasar bebas membuat bertambahnya kompetitor bisnis dari luar negeri. Tinggi rendahnya persaingan bisnis dapat diukur dari tingginya permintaan oleh pasar, semakin banyak maka semakin ketat pula persaingannya dan sebaliknya.

 

Untuk lebih memahami tentang persaingan bisnis, ada tiga jenis kompetisi yang dapat Anda pahami:

Pesaing Langsung; perusahaan yang menawarkan produk yang sama.Pesaing Tidak Langsung; merek yang menawarkan produk berbeda, namun bersaing di ruang atau segmentasi pengguna yang sama. Komparator; produk yang sebelumnya sudah dipakai oleh pelanggan.


Lalu cara paling mudah untuk menemukan kompetitor bisnis –dari tiga jenis di atas–bisa melakukan beberapa hal berikut:


Gunakan Google, lalu ketik kata kunci berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Coba layanan tersebut, bandingkan dengan produk Anda sendiri. Jelajahi websitenya dan pelajari newsletter yang dikirimkan kompetitor. Tanyakan kepada pelanggan yang pernah menggunakan produk lain sebagai testimoni dan pengembangan produk Anda sendiri di kemudian hari.

 

Duet big data dan artificial intelligence (AI)

 

Tahun 2017 mengawali tren penggunaan AI dan big data pada sejumlah sektor. Walaupun kebanyakan masih digunakan dalam proses sederhana, namun hal ini membantu menggeser AI dari pasar yang cukup niche atau tidak populer menjadi lebih mainstream.

 

Sejumlah perusahaan besar pada tahun 2018 telah melakukan peningkatan investasi di ranah AI. Selain itu, berbagai teknologi yang memanfaatkan data juga akan menjadi lebih matang lagi di tahun 2019 dan seterusnya.

 

Kini konsumen menyumbangkan data yang berlimpah dari berbagai kanal atau media online. Anda juga bisa mengumpulkan data lewat berbagai cara. Tugas AI adalah mengolah informasi dalam bentuk sangat besar dan kompleks dengan cepat.

 

Berkat automasi yang dimiliki AI, Anda sebagai pelaku pasar bisa lebih leluasa dalam meneliti perilaku konsumen, mencari cara untuk menciptakan konten yang efektif, bahkan membuat customer journey yang lebih personal.

 

Semakin maraknya adopsi kedua teknologi ini dalam berbagai ranah bisnis, bisa memperketat kompetisi dalam menarik konsumen. Apalagi, saat ini konsumen menginginkan konten yang benar-benar sesuai dan memberikan kesan lebih personal.

 

Setiap tahunnya, selalu ada hal baru yang bisa dieksplorasi oleh para pemasar. Hal ini sebetulnya bisa menjadi pedang bermata dua. Apabila pemain di ranah digital marketing tidak hati-hati, pengguna bisa jadi terkena serangan gempuran iklan alih-alih mendapatkan pengalaman komunikasi brand yang menyenangkan.

 

Beberapa poin di atas dapat langsung diaplikasikan pada bisnis yang Anda kelola.Setelah Anda melakukan kegiatan promosi melalui media digital, harapannya tentu saja Anda memiliki tambahan jumlah konsumen. Namun hal yang harus diingat adalah, jangan diamkan konsumen Anda begitu saja. Pancing mereka untuk selalu berinteraksi dan menggunakan produk atau jasa Anda.

 

Salah satunya dengan cara berkomunikasi secara personal kepada mereka. Saat ini tersedia produk WhatsApp business yang mampu membuat komunikasi Anda di dunia digital kian mudah, yakni Wappin atau WhatsApp Integrator. Semua fitur dan fungsi dari Wappin mampu membantu bisnis Anda berkomunikasi dengan pelanggan secara interaktif.



Fitur utama yang dimiliki Wappin adalah Chatbot yang selalu bisa diandalkan untuk mengirim pesan kepada konsumen dan menjawab seluruh kebutuhan mereka. Dengan fitur ini, tentunya usaha yang Anda miliki dapat memberikan sentuhan personal kepada tiap pelanggan dan membuat mereka menjadi konsumen loyal di kemudian hari.